Partikel penanda topik 은[eun] / 는[neun] Korean language guide

Oke 친구, kali ini kita akan belajar materi Partikel penanda topik 은[eun] / 는[neun]. Sudah saya singgung sedikit pada halaman belajar bahasa Korea kemarin. Jadi sekarang kita langsung saja ke bagaimana cara memahami dan contoh kalimat nya saja.

Untuk mengingatkan kembali, penggunaan Partikel penanda 은[eun] / 는[neun] ini digunakan untuk menandai topik. Dan untuk rumus penggunaan nya pada sebuah kata lihat dibawah ini:

Rumus:
Kata berakhiran konsonan + 은
Kata berakhiran vokal + 는

Kalau masih ingat dan paham, sekarang kita masuk ke materi pembelajaran nya saja. Let’s go!!

Contoh penggunaan Partikel penanda topik dan penjelasan

Contoh kalimat yang menggunakan partikel penanda topik

Saya berikan contoh kalimat nya saja, agar lebih mudah dalam menjelaskan nya. Tapi kalian sudah harus hafal huruf Korea [hangeul] dulu ya!!. Berikut contoh kalimat yang menggunakan partikel 은[eun] / 는[neun]:

저는 시장에서 고기를 삽니다 (jonen sijang eso gogi rel samnida)
Artinya: saya membeli daging di pasar

Dalam contoh kalimat diatas yang mendapat imbuhan partikel 는 adalah kata 저 yang artinya saya. Maksud dari contoh kalimat diatas adalah menceritakan kegiatan nya(saya) selama berada di pasar (membeli daging, mebeli buah, bertemu teman dll). Jadi topik dari contoh kalimat diatas adalah 저.

Namun berbeda apabila kata ganti orang ‘saya’ hanya ingin memberitahu kalau dirinya (saya) sedang berada dipasar. Maka kalimat nya akan menjadi 제가 시장에서 있습니다.(jega sijang eso issemnida) “saya ada di pasar”.

Bisa membedakan kan? Jadi jika kita ingin membicarakan sebuah topik, gunakanlah partikel 은/는 setelah subjek, keterangan, kata benda yang ingin dijadikan topik pembicaraan.

Kosa kata:
저 : Saya
고기 : Daging
사다 :Membeli
제가 = 저 + 가 : Saya
있다 : Ada
시장 : Pasar
에서 : Di

Namun kamu harus berhati-hati. Karena dalam bahasa Korea kata ㄴ / 은 juga bisa digunakan untuk menandai kata sifat.

Contoh:
예쁜 여자 (Yepen yoja)
Artinya: gadis YANG cantik

Dalam contoh kalimat diatas, kata 예쁜 memiliki arti ‘yang cantik’. 예쁘 Sendiri artinya cantik dan ㄴ artinya ‘yang’. Jadi kalimat diatas bukan membicarakan topik cantik. Tetapi menunjukkan bahwa (dia) gadis yang cantik.

Tips

Tips

Apabila kamu masih bingung, gunakan tips dari saya ini sebagai acuan untuk kapan menggunakan 은 / 는 dan kapan menggunakan 이 / 가.

Tips ini saya dapatkan dari pengajaran saya. Berikut tips menggunakan 은 / 는:

Digunakan untuk menyatakan Fakta. Contoh: garam는 itu rasanya asin. Faktanya memang garam rasanya adalah asin.

Digunakan pada saat menyampaikan sebuah kegiatan. Contoh: apa yang kamu lakukan di event itu?. Untuk menjawabnya maka gunakanlah 은/는. Jadi jawabannya adalah ‘saya는 bla…bla…bla…

Oke selesai sudah pembelajaran kita kali ini. Cukup mudah bukan, untuk mempelajari bahasa Korea?. Tetap semangat yang chingu!!!

Materi pembelajaran selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Hai!! Selamat datang di Omalip.com

🆃🅴🆁🅸🅼🅰🅺🅰🆂🅸🅷

🆂🆄🅳🅰🅷 🅱🅴🆁🅺🆄🅽🅹🆄🅽🅶

☃☃☃☃☃☃☃☃☃☃

[klik2x] untuk menutup [close]