Partikel penanda subjek 이(i) / 가(ga) [Korean Language Guide]

Setelah kemarin kita mempelajari partikel penanda topik. Sekarang kita akan mempelajari partikel penanda subjek. Untuk yang baru belajar bahasa Korea mungkin akan sedikit bingung antara topik dan subjek. Tapi dalam postingan ini kita akan bahas cara membedakannya.

sesuai namanya partikel ini digunakan untuk menandai subjek dalam sebuah kalimat. Yang dijadikan sebagai subjek bisa kata ganti orang, kata benda dan kata tunjuk. Dan untuk mengingatkan kembali, berikut rumus penggunaan partikel 이/가.

Rumus:
Kata berakhiran konsonan + 이
Kata berakhiran vokal + 가

Apabila masih ingat dan paham, sekarang kita langsung ke contoh penggunaan dalam kalimat nya saja. Les’t go!!

Contoh kalimat yang menggunakan partikel penanda subjek dan penjelasan

Contoh kalimat yang menggunakan partikel penanda subjek

Sudah saya perkenalkan materi ini berserta contohnya pada halaman belajar bahasa Korea. Di halaman tersebut tertulis sebuah kalimat ‘kemarin saya belajar’ namun tidak menggunakan huruf Korea.

Sekarang saya akan menggunakan huruf Korea sebagai contoh. Jadi yang belum menguasai huruf Korea, pelajari dan pahami dulu dihalaman huruf Korea [한글].

Berikut contoh penggunaan partikel penanda subjek dalam kalimat:

Contoh:
내일은 내가 집에서 공부합니다 (Neiren nega jib eso gongbu hamnida)
Artinya: Besok saya belajar di rumah

Dalam contoh kalimat diatas, ada 3 partikel penanda yaitu 은 , 가 dan ㅂ니다. ‘‘ digunakan untuk menandakan topik. ‘‘ digunakan untuk menandai subjek. ‘ㅂ니다‘ digunakan untuk menandakan akhiran formal.

Maksud dari contoh kalimat diatas adalah ingin menceritakan kejadian kemarin. Bukan apa yang (saya) lakukan kemarin. Misalnya: kemarin ada hujan yang sangat lebat disertai angin dan Mengakibatkan padamnya listrik. Sehingga saya belajar di rumah. Untuk menyingkat kalimat maka menjadi ‘kemarin saya belajar’ di rumah. Dan subjek yang ada pada kalimat itu adalah saya. Sehingga yang mendapat penanda 이/가 adalah kata ‘saya’.

Partikel 이/가 juga bisa digunakan untuk menunjuk sesuatu. Misal kita ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa disana ada sebuah sekolahan. Maka kita bisa menggunakan kalimat ‘Disana 가 ada sebuah sekolahan. atau dalam huruf korean nya 거기가 학교 있습니다.

Kosa kata:

내일 : Kemarin
내가 = 나 + 가 : saya
집 : Rumah
에서 : Di
공부하다 : Belajar
거기 : Disana
학교 : Sekolah
있다 : Ada

Tips

Tips

Apabila kalian masih bingung kapan harus menggunakan 이 / 가, maka gunakanlah tips dari saya berikut ini:

  • Digunakan untuk menyatakan kalimat opini / pendapat
  • Digunakan untuk menunjukkan arah atau tempat

Adapun ketentuan pada saat subjek ‘kata ganti orang’ ditambahkan partikel 가. Maka penulisannya akan berbeda. Seperti pada contoh kata 내가, kata tersebut terdiri dari ‘나’ (saya) dan ‘가’ (partikel penanda subjek). Apabila kata ganti orang 나 bertemu 가, maka akan berubah menjadi 내가.

Berikut kata ganti orang yang berubah apabila diimbuhi partikel 가:

나 +가 → 내가 = aku (informal)
저 +가 → 제가 = saya (formal)
너 +가 → 네가 = kamu (informal)
누구+가 → 누가 = siapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Hai!! Selamat datang di Omalip.com

🆃🅴🆁🅸🅼🅰🅺🅰🆂🅸🅷

🆂🆄🅳🅰🅷 🅱🅴🆁🅺🆄🅽🅹🆄🅽🅶

☃☃☃☃☃☃☃☃☃☃

[klik2x] untuk menutup [close]